Satu hal pelajaran yang aku dapatkan setelah 24 tahun hidup, acceptance. Terlihat simpel tapi setelah kucoba terapkan belajar 'menerima' itu sangat jauh membuat hidup lebih terasa waras. Berharap orang akan berubah, it's impossible, mungkin bisa, tapi seberapa banyak orang yang berubah? Even myself, mungkin gaakan pernah berubah.

Beberapa tahun ini mungkin ada sesuatu hal, beberapa hal yang berhubungan dengan ekspektasiku terhadap orang terdekat. Semacam pikiran orang terdekat harusnya mengerti aku, tapi kadang aku juga lupa untuk mengerti mereka. Tapi kalau udah ditahap kita coba mengerti tapi kita gabisa, yaudah, balik lagi ke acceptance. Misalkan kita punya suatu pendapat tapi ga pernah didengarin yaudah terima aja, biar kita tetap dengan pendapat kita tapi tetap menerima pendapat orang lain, jalani sendiri2.

Emang sih mungkin ini lebih terdengar cuek, tapi gimana lagi, daripada menghabiskan energi untuk marah. Marah juga kadang ga menyelesaikan solusi, karena marah juga tidak akan semerta-,merta mengubah pendapat/ sifat orang lain. Ketika aku mulai menerima beberapa hal yang setahun dua tahun sangat aku benci, sekarang aku sudah tidak peduli, rasanya hati lebih tenang.